Ladies, mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama Nila Tanzil. Wanita cantik ini merupakan pendiri Taman Bacaan Pelangi. Di usianya yang masih muda ini, ia tergerak membuka wawasan bagi anak-anak di Flores dengan memberikan pengetahuan dari membaca buku.

Berawal ketika Nila bekerja sebagai Communication Consultant pada sebuah lembaga konservasi lingkungan hidup dan pariwisata di daerah Manggarai Barat, Flores Nusa Tenggara Timur, membuat Nila banyak menghabiskan waktu bersama masyarakat Flores. Dari sinilah ia sangat terkesan dengan masyarakat setempat terutama pada anak-anak.Namun sayangnya ternyata anak-anak di Flores tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan buku. Bahkan banyak diantara mereka yang tidak punya cita-cita.

Pada saat itulah, akhirnya Nila memutuskan untuk membangun perpustakaan yang diberi nama Taman Bacaan Pelangi.Dengan modal sendiri Nila membeli 200 buku cerita anak di Toko Buku Gramedia. Hal ini ia lakukan atas dasar peduli dan antusias anak-anak Flores untuk membaca. Setelah sukses membuka Taman Bacaan Pelangi di Flores, Nila pun membuka  taman bacaan di daerah-daerah terpencil lain di wilayah Indonesia Timur.

Hingga saat ini Taman Bacaan Pelangi telah membangun 58 perpustakaan yang tersebar di 15 pulau di Indonesia Timur dan masing-masing perpustakaan memiliki 1.000 – 3.000 koleksi buku cerita.

Sangatlah mulia apa yang telah di lakukan oleh Nila Tanzil ya SobatVision, semoga bisa menginspirasimu.