Berawal Dari Ide Sederhana, Membangun Wirausaha Anak Bangsa

 

Achmad Zaky (lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986) adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang teknologi. Ia merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs e-commerce Bukalapak, sebuah pasar online terbesar di Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah.

Sejak masih duduk di sekolah menengah atas, pria berkacamata ini sudah akrab dengan komputer, khususnya software. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak program yang sudah ia ciptakan. Hobinya ini semakin berkembang saat mulai kuliah program studi informatika di Institut Teknologi Bandung pada 2004.

Dulu di 2010, Indonesia belum memiliki website buatan anak negeri. Ia pun berfikir, akan sangat bagus apabila negara kita ini punya website atau bahkan aplikasi yang asli buatan lokal dan dapat digunakan di seluruh Indonesia. Terinspirasi dari perjuangan para pelaku UMKM di Indonesia, dia ingin menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Ia selalu terinspirasi dengan keberadaan UMKM. Baginya, semangat para pelaku UMKM ini luar biasa.

Akhirnya setelah lulus, bersama teman lamanya Nugroho Herucahyono (Xinuc) ia  terpanggil untuk menciptakan website. Tercetuslah konsep Bukalapak! Bukalapak bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan barang dagangan mereka ke seluruh Indonesia, lewat satu platform yang aman, mudah dan dapat mengoneksikan para pelaku UKM (Pelapak) dan Pembeli.

Ia mengaku tidak butuh modal besar untuk membangun perusahaan layanan online marketplace tersebut. Modalnya hanya biaya hidupnya, yang ia penuhi dari hasil proyek membuat program pesanan klien.

Bukan tanpa tantangan, Zaky dan tim membesarkan Bukalapak. Dulu, orang itu belum familiar dengan adanya website dagang seperti marketplace atau e-commerce. “Meyakinkan para pelaku UKM untuk menggunakan platform kami atau cari investor itu susahnya setengah mati,” ujar Zaky.

Sedikit yang mau bergabung dengan Bukalapak. Akhirnya ia mengubah cara pendekatan, Bukalapak berupaya untuk jemput bola, mengedukasi dan meyakinkan para pelaku UKM untuk sama-sama maju dan bekerja sama jadi pahlawan ekonomi Indonesia.

Akhirnya animo masyarakat mulai terlihat. Saat ini (2017) jumlah pelapak yang tergabung ke Bukalapak mencapai  lebih dari 1.700.000 pelaku UMKM.

Seiring usahanya berkembang, beberapa investor tiba-tiba datang menawarkan modal, seperti Softbank Corp dari Jepang dan Sequoia dari Amerika Serikat. Zaky sempat ingin menolak karena mengira investor Jepang ingin mengakuisisi start-up-nya. Tapi belakangan dia tahu bahwa investor hanya berniat memberi modal 15 persen dan pengelolaan tetap ada di tangan Zaky dan Nugroho.


Bahkan investor asal Jepang itu mengajak dia berangkat ke Jepang dan mengajarinya cara mengelola perusahaan e-commerce secara profesional. Ia pun diminta untuk melepas pekerjaan proyekan agar lebih bisa berkosentrasi mengelola Bukalapak. "Di sana (e-commerce) maju sekali. Banyak orang bertransaksi rutin setiap hari, miminimal seminggu sekali. Kita sebulan saja belum," ucap dia.
 

Dia menghitung setiap hari ada 1 juta pengunjung di situsnya dengan nilai perputaran uang rata-rata mencapai lebih dari Rp 20-40 miliar per hari. Dia sangat senang bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya. Apalagi animo masyarakat sangat baik menyambutnya.

"Industri digital itu fenomenal sekali tahun ini. Di Bukalapak, kami bisa meng-handle transaksi sampai lebih dari Rp40 miliar dalam sehari," ucapnya.

Dari segi penghasilan, Zaky mengatakan bahwa revenue bersih Bukalapak dalam sebulan mencapai Rp20 miliar.

Apa yang di lakukan Achmad Zaky untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia terbilang sangat berhasil. Hal ini terlihat banyak sekali aktivitas jual beli yang di lakukan secara online melalui bukalapak.com oleh masyarakat Indonesia.

Kerja keras dan semangat Achmad Zaky sangat menginspirasi anak muda dalam memberikan kontribusi bagi bangsa melalui wirausaha.

Saksikan juga beragam channel khusus seputar bisnis seperti Bloomberg TV,DW Channel, BBC World yang akan memberikan kamu inspirasi sukses dalam berwirausaha